Yayasan Pendidikan Putera merupakan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Indonesia yang berpartisipasi aktif membantu program pemerintah dan bergerak dalam bidang pendidikan.

Kegiatan pendidikan ini dimulai sejak tahun 1967 dengan mendirikan sekolah dasar dan tahun 1983 mendirikan SMP. Mengingat saat itu Pemda telah banyak membangun gedung-gedung SD dan SMP di Jakarta, maka pada tahun 1992 Yayasan menutup sekolah tersebut dan mulai merintis sekolah-sekolah kejuruan yang masih langka di antaranya Sekolah Menengah Analis Kesehatan dan disusul tahun 1995 dengan mendirikan Sekolah Kejuruan Analisis Kimia.

Alasan memilih sekolah kejuruan tersebut di atas adalah :

  • Dalam rangka menghadapi persaingan lokal, regional dan global.
  • Mempersiapkan sumber daya manusia untuk menghadapi perubahan yang akan terjadi, karena tingkat pendidikan sumber daya manusia di Indonesia memang sangat rendah jika dibandingkan dengan Negara-negara tetangga.

Karena sekolah kejuruan khususnya Sekolah Analisis Kimia di Indonesia sangat sedikit yaitu lebih kurang 26 buah. Itu akan sangat kurang bagi Indonesia yang sedang menuju negara industri.

Hal ini terbukti dengan terserapnya semua lulusan atau tamatan sekolah ini di berbagai bidang industri. Karena tenaga mereka diserap oleh industri yang ada, baik di Jakarta maupun di luar Jakarta. Oleh karena itu kami merasa sangat perlu untuk meningkatkan sarana dan prasarana belajar mengajar demi peningkatan kualitas lulusan terutama fasilitas Laboratorium yang notabenenya merupakan inti dari materi pembelajaran pada sekolah kami.